KOMINFO LAKUKAN KONTRA NARASI TERHADAP KONTEN HOAX SEPUTAR VAKSINASI





Melahirkan ketenangan kerukunan dalam kehidupan, sehingga tercapai tujuan dari penciptaan manusia, sebagai mahluk yang memakmurkan bumi ini. “Janganlah jatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan” adalah perintah agama yang amat jelas.

Beberapa hal yang dilakukan Kominfo dalam penguatan literasi digital.
1. Kominfo juga mentakedown/delete/hapus konten yang mengandung muatan hoax
2. Kominfo melakukan kontra narasi untuk melawan hoax
3. Kalangan universitas dan ormas, juga para politisi bekerjasama melakukan literasi digital.

Masyarakat tidak lekas percaya hoax, kedua, tidak segera memviralkan informasi yang dipertanyakan kebenarannya.

Yang produktif, yang membangun harapan dan optimism, adalah bagaimana masyarakat secara umum, untuk bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk bisa dikembangkan pemerintah, bertransaksi atau melakukan e-commerce.

Transaksi ekonomi melalui transaksi digital. Akibat pandemic covid-19, maka pergerakan masyarakat dibatasi dan dikendalikan. Ini membawa dampak pada ekonomi, misalnya contoh PPKM diterapkan mall tidak bisa buka, dsb.

“Kominfo mengembangkan terus sarana digital, untuk meningkatkan kegiatan ekonomi secara digital. Itu yang dilakukan untuk menguatkan literasi pada masyarakat, atau dalam konteks vaksinasi dan pemulihan ekonomi.” Terang Usman Kasong

UMAT ISLAM PENTING MENUMBUHKAN SPIRIT GERAKAN EKONOMI
“Umat Islam perlu memulai memperhatikan kondisi umat, melalui jalur pemberdayaan ekonomi yang tepat. Agar para tokoh dan ulama, ikut membangkitkan semangat umat, dalam membangun ekonomi umat. Kampanye ini yang perlu diserentakkan. Umat tentu akan tergerak untuk membangun ekonominya sendiri, tapi akan lebih baik dengan panduan dan pendampingan.”
“Para pengusahan dan entrepreneur di Lingkungan ormas keagamaan perlu sinergi bersama, terus menemani umat bangkit dengan gerakan ekonomi.”
“Gerakan ekonomi akan menjadi amat penting, di Tengah tantangan dan ancaman dunia, yang semakin melambat pertumbuhan ekonominya.” 

Posting Komentar

0 Komentar