PAPUA KINI

Papua kini adalah bacaan tentang papua, pasca kerusuhan beberapa waktu lalu. Papua adalah provinsi di Indonesia, yang baru terbentuk pada 1963. Pembangunan di Papua telah berjalan cukup lama, bahkan perusahaan tambang freeport menjadi perusahaan rintisan yang menggunakan penanaman modal asing.

Ringkasnya perjalanan panjang pembangunan di Papua telah berlangsung. Hasilnya jika dibanding negara-negara lain di wilayah asia pasifik selatan, tentu Papua termasuk daerah yang paling maju. Bahkan sejak dulu, Papua selalu mendapat keistimewaan dari pemerintah Indonesia. Sederhananya, Papua adalah tanah kaya, dengan keragaman hasil tambang yang sudah dieksplorasi dan eksploitasi, juga potensi kekayaan lainnya, yang belum digali.  

Lalu, beberapa waktu lalu kita sempat mendengar berita, tentang situasi Papua yang sedang hangat, akibat ketersinggungan beberapa pihak. Bahkan mahasiswa Papua sempat kembali ke Papua, dan menyatakan tidak mau kembali ke lokasi tempat mereka menuntut ilmu.

Ringkasnya, Papua telah mengalami perbaikan situasi. Lepas dari kondisi apa yang saat ini masih terjadi di sana. Yang jelas presiden telah menungunjungi Papua pasca kerusuhan. Juga tokoh-tokoh lainnya. Sederhananya Papua siap membangun.

Tayangan Ring of Fire Adventure yang ditayangkan di Kompas TV beberapa saat yang lalu, memberi narasi dan gambaran kepada kita, sungguh Papua tanah yang sangat kaya. Jutaan kekayaan alam terbentang dan tampak dalam tayangan itu. Mulai dari kekayaan tambang, alam, juga lahan pertanian yang terbentang luas, dari pegunungan hingga pantai. Terbayang oleh kita, bagaimana jika bentang lahan dana lam yang begitu kaya ada di tanah Jawa misalnya. 

Potensi yang demikian besar, dibutuhkan sumber daya manusia, yang benar-benar memahami potensi. Sadar potensi dan kemudian sekuat tenaga mengolahnya, agar menjadi sumber daya untuk kemakmuran. Ini yang menjadi kunci, Papua kini sesungguhnya tergantung pada SDM yang unggul. Papua kini benar-benar akan dapat membangun, manakala di dalam hati masyarakat Papua ditumbuhkan benih keterbukaan, untuk bersama mengelola SDA yang ada, dan kemudian sepenuhnya dipergunakan dan dimanfaatkan untuk kemakmuran bersama. Papua kini, tergantung warganya dan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *