harianwonosobo.com

WAJAH BARU PEMANDIAN AIR HANGAT DESA TEGALSARI GARUNG WONOSOBO

WAJAH BARU PEMANDIAN AIR HANGAT DESA TEGALSARI

Wonosobo, harianwonosobo.com (08/01/2018) – Pemandian Air Hangat (Penganguman) yang terletak di Desa Tegalsari Kec. Garung Kab. Wonosobo sekarang mempunyai wajah baru yang lebih tertata rapi dan bersih. Pemandian yang sejak puluhan tahun lalu ini ada setiap harinya tidak pernah sepi oleh pengunjung yang  berdatangan dari dalam  dan luar kota.

Tidak mempungkiri alam Wonosobo yang bersuasana dingin yang secara geografis merupakan daerah pegunungan sangat cocok sekali jika mandi dengan air hangat yang langsung dari alam. Nuansa pedesaan dan sawah sawah  yang memanjakan mata membuat mandi disini menjadi sangat damai dan menenangkan.

Selain itu juga letak pemandian ini yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan jalan utama membuat orang lebih memilih untuk berkunjung kesini. Letak dari pusat kota hanya sekitar 9 Km saja dan dari jalan raya Dieng hanya berjarak sekitar 2 Km dengan kondisi jalan yang sudah nyaman untuk dilalui.

Dengan hanya membayar parkir sebesar Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan juga uang retribusi masuk sebesar Rp 2.000,- untuk dewasa dan Rp 1.000,- untuk anak-anak kita sudah bisa mandi dan mendapatkan fassilitas yang sudah disediakan dengan nyaman.

Pemandian yang buka selama 24 jam  ini setiap harinya tidak  pernah sepi dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menghangatkan badan. Dimana  setiap harinya tidak kurang dari 400 orang datang untuk menenangkan badan yang telah lelah berkerja seharian.

Dengan mandi menggunakan air hangat badan yang terasa lelah dan letih mampu hilang apalagi dengan air hangat yang langsung dari alam. Salian itu juga mandi di air hangat bisa menghilangkan flu dengan cara merendamkan badan selama beberapa menit. Orang-orang juga mempercayai bahwa mandi di air hangat tegalsari bisa menjadi perantara ataupun ikhtiar untuk mengobati penyakit gatal. 

Alasan lain yang menarik untuk berkunjung ke sini adalah ketika kita lelah selepas mendaki gunung prau ataupun sikunir dan gunung-gunung lain yang berada di kawasan wisata dieng . pastinya para pendaki butuh merefreshkan badan, tempat ini sangat cocok untuk memulihkan stamina selepas lelah mendaki. Biasanya selepas mandi disini badan akan terasa lebih ringan dan lemas, tetapi rasa lemas ini bisa dihindari dengan cara membilasnya dengan mengunakan air dingin yang telah disediakan. Tenang saja air dingin ini terjamin kebersihannya karena  air dingin yang tersedia disini langsung dari mata air yang berada di Desa Mlandi, yang segar dan menyegarkan. 

Setelah mandi kita juga bisa sekedar ngobrol sambil menikmati minuman dan makanan  yang tersedia di warung-warung di sekitar Penganguman. Banyak pilihan menu dengan  harga bermasyarakat. (Red. Danang Setia Budi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *