Ramai-Ramai Dukung Jokowi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pasangannya dalam pemilu presiden 2019 Ma’ruf Amin terus mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dukungan bagi Jokowi-Ma’ruf semakin banyak dideklarasikan mendekati datangnya hari pemungutan suara pemilu 2019. Deklarasi tak dilakukan satu golongan, melainkan berasal dari kelompok yang memiliki beragam latar belakang.

Gelombang dukungan bagi Jokowi sebenarnya telah dimulai sejak presiden ketujuh itu resmi menjadi capres. Salah satu kelompok yang menyatakan dukungan bagi Jokowi adalah “Sejuta Teman”.

Sejuta Teman merupakan kelompok yang awalnya bernama “Teman Ahok”. Pada Agustus 2018, Koordinator Sejuta Teman cum salah satu pendiri Teman Ahok, Mohammad Fathony mengumumkan dukungan dari kelompoknya untuk Jokowi-Ma’ruf.

Ketika Hoaks Merajalela

Dukungan bagi Jokowi semakin mengalir setelah beragam berita bohong, atau hoaks, muncul. Hoaks yang paling menyita perhatian muncul awal Oktober 2018.

Saat itu, Ratna Sarumpaet menyebar hoaks mengenai kondisi dirinya. Dia sempat mengaku dipukuli sejumlah orang. Pengakuan itu bahkan diamini lawan Jokowi pada pilpres 2019, Prabowo Subianto.

Pada akhirnya, kebohongan Ratna terbongkar. Proses hukum baginya pun saat ini masih berjalan. Ratna terancam hukuman sesuai pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, serta pasal 28 jo pasal 45 UU ITE.

Terbongkarnya hoaks anggota tim kampanye Prabowo itu tak membuat produksi dan penyebaran kabar bohong berhenti. Sejumlah hoaks sempat menyita perhatian, mulai dari kabar masuknya jutaan tenaga kerja asal China; hingga adanya data fiktif pemilih yang dimasukkan Kemendagri ke DPT pemilu.

Kementerian kominfo mendata ada 62 konten hoaks terkait pemilu yang muncul pada Agustus-Desember 2018. Hoaks mayoritas menyerang pemerintahan Jokowi pun anggota parpol pendukungnya.

Rakyat Sadar Harus Pilih Siapa

Gelombang hoaks yang seakan terorganisir itu membuat masyarakat gundah. Tak ayal, rakyat pun mulai sadar mengenai pentingnya memilih kandidat yang tepat pada pemilu 2019.

Kesadaran dan keyakinan masyarakat tercermin dari hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga. Dari semua survei, pasangan Jokowi-Ma’ruf selalu unggul atas Prabowo dan Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, Jokowi juga semakin banyak diberikan gelar-gelar kehormatan dari berbagai suku dan kerajaan lokal di seantero negeri. Gelar-gelar yang ia terima menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi.

Kemampuan Jokowi melayani rakyat dengan baik, jujur, dan tak menyebar hoaks juga menambah keyakinan masyarakat. Terbukti, sebuah kelompok alumni Sekolah Kolese Kanisius menjadikan hal-hal itu sebagai dasar mereka mendukung Jokowi di pilpres.

“Hanya pemimpin yang mampu melayani rakyat yang akan mampu membawa Indonesia semakin maju. Pak Jokowi telah menunjukkan kemampuan tersebut,” tutur Ketua Deklarasi Alumni Menteng 64 Irlan Suud di Jakarta, Minggu (3/2/2019).

Konsolidasi Pilih Jokowi

Dukungan bagi Jokowi juga diberikan banyak kepala daerah. Setelah sejumlah kepala daerah di Pulau Jawa dan Sumatera mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi, terkini pernyataan juga diberikan pelayan rakyat dari timur Indonesia.

Ada 5 bupati dan 1 Wali Kota di Maluku Utara yang baru saja mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf. Merrka mendukung Jokowi-Ma’ruf karena percaya kinerja pemerintah 4 tahun terakhir.

Kepercayaan terhadap Jokowi juga disampaikan Koalisi Alumni Diponegoro. Kelompok itu terdiri dari sejumlah alumni perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah dan DIY.

Sebelum mendapat dukungan dari koalisi tersebut, Jokowi telah menerima hal serupa di Jawa Timur. Forum Alumni Jawa Timur yang beranggotakan banyak alumni perguruan tinggi di provinsi itu mendukung Jokowi, dan memberi sebutan “Cak” kepada sang presiden.

Sokongan bagi Jokowi juga disampaikan Jenggala Centre. Lembaga yang mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada pilpres 2014 itu sudah mendeklarasikan sikapnya mendukung Jokowi.

“Saya ingin memastikan bahwa Pak Jusuf Kalla 100 persen mendukung Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf. Jika ada berita-berita di luar, berbagai foto yang menyebut Pak Jusuf Kalla tidak mendukung Jokowi. Hari ini saya katakan dengan benar, Bapak JK akan mendukung sepenuhnya Pak Jokowi,” kata Ketua Tim Nasional Jenggala Center, Iskandar Mandji.

Beragam deklarasi dukungan untuk Jokowi membuktikan pilihan mayoritas rakyat saat ini. Sikap tersebut perlu dijaga dan disebarluaskan semangatnya agar Jokowi benar-benar kembali terpilih menjadi presiden hasil pemilu 2019.

Harian Wonosobo – Suara Warga Wonosobo (www.harianwonosobo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *