harianwonosobo.com

Curug Tersembuyi di Atas Awan Dieng

Wonosobo, ketika kita berbicara tentang wonosobo kita tidak akan pernah selesai mengupasnya. Kabupaten yang satu ini memang menyimpan banyak cerita dan tempat-tempat indah yang masih tersembunyi. Salah satunya adalah Curug sikarim yang berada di Desa Mlandi Kecamatan Garung tepatnya 20 km dari pusat kota Wonosobo.

Foto: Sumber Arsip

Air terjun dengan ketinggian hampir 90 meter ini menjadi surga tersembunyi yang masih jarang orang mengetahui, sebab dulu akses menuju curug masih sangat memprihatinkan, akan tetapi sekarang dengan dibukanya jalan menuju dieng melaui desa Mlandi ini membuat akses mejadi semakin mudah.

Curug sikarim merupakan curug yang berada diantara Gunung Bismo dan Bukit Sikunir dengan air yang bersal dari limpahan Telaga Cebong.

Menurut legenda yang berada di masyarakat curug sikarim merupakan tempat pertapaan Mbah Karim. Mbah Karim sendiri merupakan salah satu kyai yang membabat hutan wonosobo. Menurut cerita Kabupaten Wonosobo dibabat oleh tiga kyai yaitu Mbah koolodete, Mbah Walik, dan Mbah Karim. Curug Sikarim ini merupakan tempat pertapaannya Mbah Karim. Bahkan masih ada batu langgar yang dulu menjadi tempat Mbah Karim duduk bersila untuk bertapa.

Sekarang ini dengan dibukanya jalur menuju dieng melalui Desa Mlandi membuat kalian yang ingin menikmati air terjun sikarim ini dibuat lebih mudah. Akan tetapi tetap harus berhati-hati dan selalu mengecek keadaan kendaraan anda. Sebab jalan menuju curug Sikarim walaupun sudah beraspal tetapi berliku-liku dan menanjak. Dan kadang dibeberapa titik tanjakan yang berliku juga ada kerikil-kerikil yang sedikit membuat anda untuk berhati-hati.

Di dekat curug sikarim juga ada salah satu rumah milik seseorang yang berasal dari eropa yaitu Mr. Jack. Rumah ini sangat terkenal dikalangan masyarakat  wonosobo khusunya masyarakt desa Mlandi dan Kecamatan Garung.

Curug Sikarim sampai saat ini belum dikelola dengan profesional, lantaran keadaan jalan yang masih baru dan belum selesai di bangun. Sehingga untuk para wisatawan masih gratis untuk berkunjung kesini. Selain itu juga jika ingin menikmati keindahan alam di Curug Sikarim kalian juga harus membwa bekal makanan dan minuman sendiri. Sebab dikawasan curug belum terdapat warung-warung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *