Peresmian Museum 5 Gunung

Magelang, harianwonosobo.com (6/02/2019) – Sejumlah seniman dari  dalam maupun manca negara meramaikan peresmian Museum Lima Gunung di Studio Mendut Magelang Jawa Tengah,  kemarin Selasa (05/02).

Museum Lima Gunung adalah museum yang menyimpan koleksi-koleksi barang antik pribadi dari mbah tanto mendut dan tokoh-tokoh seniman lima gunung.

Seniman lima gunung merupakan komunitas seniman Merbabu, Merapi, Sumbing, Andong, dan Menoreh.

Foto: Danang Setia Budi

Acara peresmian yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB ini berjalan dengan penuh kegembiraan. Acara yang dibawakan oleh dalang lucu dari Magelang yaitu Dalang Agung Prasetyo ini dimulai dengan sambutan dari tokoh-tokoh seniman Komitas Lima Gunung membuat acara semakin hangat.

Selanjutnya sejumlah seniman dari dalam negeri dan luar negeri yang diantaranya seniman Centini Gunung menampilkan seni tari kebebasan yang sangat apik. Kombinasi iringan musik dan juga gerakan yang penuh dengan improvisasi ini membuat mata penonton terpana dan dibuat takjub olehnya.

Museum yang menyimpan berbagai karya seni mulai dari karya lukis hingga patung-patung dari seniman Komunitas Lima Gunung di resmikan oleh Mbah Tanto Mendut yang tepat pada tanggal tersebut Mbah tanto tepat berumur 65 tahun.

Foto: Danang Setia Budi

Peresmian museum 5 gunung sendiri di seremonialkan dengan membuka tirai ukiran kayu yang merupakan karya dari Ki Ipang.

Foto: Danang Setia Budi

Acara ini ditutup dengan dongeng oleh Goenawan Mohammad yang bercerita tentang bagaimana proses hidupnya hingga sampai saat ini. Sebetulnya kisah yang akan disampaikan merupakan kisah sedih akan tetapi dengan tingkah laku para seniman yang lain membuat cerita dari Goenawan Mohammad ini berhasil dibuat menjadi cerita yang penuh dengan canda tawa hingga semuanya merasakan kebersatuan dalam kegembiraan. (Red. Danang Setia Budi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *