harianwonosobo.com

RPJMD Wonosobo Tahun 2020 Sudah Ditetapkan

“Peningkatan Kualitas Layanan Publik Berbasis Kabupaten Pintar (Smart Regency) Untuk Pemantapan Perekonomian Daerah Kabupten”

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Perangkat Daerah, program kewilayahan yang disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Pemerintah kabupaten Wonsosobo telah menentukan RPJMD tahun 2020 dengan tajuk tema “Peningkatan Kualitas Layanan Publik Berbasis Kabupaten Pintar (Smart Regency) Untuk Pemantapan Perekonomian Daerah Kabupten”. Arah pembangunan dan progam kerja kabupaten Wonosobo di tahun 2020 akan mengacu pada tema tersebut.


Sumber : Bappeda Kab.Wonosobo

Arah pembangunan mempertimbangkan asar keadilan dan keberimbangan dalam upaya membangun daerah di semua sektor. Suatu rencana pembangunan harus terintegrasi dengan seluruh pihak dan sektor, agar terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Secara konsep, proses penyusunan RPJMD harus terintegrasi dengan program provinsi dan pemerintah pusat. RPJMD tingkat kabupaten merupakan hasil dari turunan RPJMD provinsi dan RPJM Nasional. Sedangkan pencapaian sasaran dari RPJMD tingkat kabupaten secara formal dan bertahap akan mengerucut hingga terintegrasi dengan arah program pembangunan Nasional.


Sumber : Bappeda Kab.Wonosobo

Pemahan tentang arah dan perencanaan program pembangunan daerah harus di pahami, agar setidaknya kita bisa sedikit mengerti tentang sistem birokrasi secara struktural di negara kita. Adapun apakah nanti program yang telah ditentukan sudah atau belum strategis dalam skema pemerataan, hal itu merupakan bagian dari proses perbaikan demokrasi dalam menuju arah pembangunan yang ideal.

Redaksi : Khusin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *