harianwonosobo.com

Pelajar SMK Negeri Jumo Temanggung Belajar Observasi Di Situs Liyangan

HARIANWONOSOBO.COM,WONOSOBO-Siswa-siswi pelajar SMK Negeri Jumo Temanggung mengunjungi situs Liyangan. Mereka belajar mengobservasi benda –benda peninggalan sejarah secara langsung dilokasi situs Liyangan. Tampak mereka masih menggunakan seragam sekolah lengkap dengan jas almamater sekolah (23/9/2019).

Tidak lupa alat tulis mereka siapkan untuk mencatat penjelasan langsung dari pemandu situs Liyangan. Mereka tampak antuias mendengarkan penjelasan dari pemandu situs Liyangan.

Siswi SMK Negeri Jumo Temanggung sedang mendengarkan penjelasan dari pemandu situs Liyangan

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran observasi lapangan. Teori pelajaran yang dijelaskan didalam kelas menjadi konsep dasar metodologi untuk membangun kerangka berfikir ilmiah. Sedangkan observasi lapangan adalah pengembangan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan analisis dan pengembangan daya kritis.  Karena dalam eksplorasi lapangan terdapat variabel baru yang tidak didapatkan di sistem pembelajaran kelas.

Dalam hal ini, sangat perlu di kembangkan perpaduan sistem pembalajaran kelas dan observasi lapangan oleh beberapa sekolah lainnya seperti yang telah di contohkan oleh  SMK Negeri Juma Temanggung.

(Red : KH, Foto: Mujiono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *