harianwonosobo.com

KOPI DIENG TENAR DI CAFFE PERKOTAAN

Sumber: Dokumen Pribadi (Munir, 2019)


Jakarta, 25 September 2019. Tidak sengaja sewaktu mengunjungi Upnormal Coffe di Raden Saleh Jakarta, dan Salah Satu Kedai Kopi Ternama di Kota Bogor, redaksi harianwonosobo.com menemukan Kopi Arabica Bertuliskan Kopi Dieng. Rupanya di Jagad Perkopian, Kopi Dieng dan Kopi Bowongso menjadi salah satu jenis kopi yang melegenda. Pemerintah daerah kabupaten belum memberdayakan petani untuk fokus menggarap produk pertanian dan perkebunan jenis ini. Padahal pasarnya tersedia melimpah.

Sekilas, tanaman kopi berjenis arabika Dieng tidak tumbuh disemua tempat. Di lereng Bisma, Pegunungan Dieng tanaman kopi masih dijumpai di sela-sela tanaman lain milik petani. Beberapa desa yang masih banyak menghasilkan kopi lereng dieng diantaranya Dusun Pringapus, Dusun Siwadas, Desa Tegalsari, Desa Mlandi, Desa Sirangkel, Dusun Tedunan, Dusun Bisma, Desa Slukatan dll. 

Ahmad Munir, Kedoe Institute berpandangan kopi-kopi dari lereng dieng memiliki kekhasan dalam banyak hal. Tingkat keasaman kopi yang cenderung stabil membuat kopi arabica dieng sangat tepat dijadikan teman ngopi di kala dingin. Di Kota-kota besar jenis kopi ini sangat dikenal, sayang potensinya belum digali. Baru beberapa produk kopi yang telah keluar di pasaran lokal, seperti Kopi Siwadas, Tegalsari yang tidak lain adalah jenis Arabica Dieng. Potensi Kopi Dieng hendaknya dikembangkan mendunia. Caffe-caffe di kota-kota besar hendaknya memperkanlkan kopi ini, selain kopi Preanger, Sunda dll. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *