harianwonosobo.com

Kontes Domba Wonosobo Berlangsung Meriah

HARIANWONOSOBO.COM, WONOSOBO. Kontes Domba Wonosobo telah di selenggarakan dan berlangsung dengan meriah. Kontes tahunan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Wonosobo ini berlangsung di lapangan Dusun Butuh, Kalikajar, Wonosobo tepatnya di Jln. Raya Reco- Parakan Wonosobo (28/9/2019).

Suara mengembek bersautan di area lapangan Dusun Butuh. Masyarakat baik orang tua maupun anak -anak berduyun-duyun mulai meramaikan seisi lapangan. Setiap stand tampak bergerombol melihat-lihat hewan ini penuh keingin tahuan. Anak – anak tampak ceria dan keheranan melihat beberapa domba di suntik, ada pula yang sedang di cukur.

Proses cukur bulu domba

Domba Wonosobo

Domba atau biri-biri adalah jenis hewan herbivora yang termasuk kategori ruminansia / hewan pemamah biak. Domba perilaharaan mempunyai nama latin Ovis aries. Perbedaan fisik paling mencolok dengan kambing adalah tanduk domba tidak begitu kelihatan dan berbulu tebal.

Domba Wonosobo (Dombos) telah diakui sebagai varietas domba lokal yang berasal dari Wonosobo. Dombos telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No. 2915/KPTS/OT.140/6/2011 sebagai varietas domba lokal dari Wonosobo.

Domba di Wonosobo di datangkan sejak tahun 1957, kemudian secara turun temurun di kawinkan kambing jenis taxel dengan kambing berekor tipis atau gemuk. Hasil persilangan dipertahankan dan kembangbiakan oleh masyarakat Wonosobo hingga sekarang.

Praktek Inseminasi Buatan

Dalam pengembangan dombos, masyarakat telah menggunakan teknologi peternakan lebih modern. Teknik kawin suntik dipilih untuk meningkatkan populasi secara efisien.

Praktek Kawin Suntik (Inseminasi Buatan)

Tidak hanya kontes unjuk kegagahan dombos, praktek inseminasi buatan dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi teknik peternakan modern.

(Red : KH, foto : Mujiono, IG ; @dewa_muji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *