harianwonosobo.com

Anggaran Pendidikan Tahun 2020 Mencapai Rp. 505,8 T

HARIANWONOSOBO.COM, YOGYAKARTA. Dana Abadi Pendidikan tahun 2020 mencapai Rp. 505,8 triliun. Pada bulan Agustus 2019, Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan nota keuangan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Jakarta (16/8/2019).

Dana Abadi (Endowment Fund) Pendidikan merupakan anggaran dana tetap dari APBN yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan. Disebut sebagai Dana Abadi Pendidikan karena besar persentase tidak akan berubah yakni sebesar 20% dari APBN tiap tahun.

Tahun 2020 dana abadi senilai RP 505,8 triliun akan dialokasikan melalui Belanja Pemerintah Pusat, Kementerian dan lembaga, transfer ke daerah dan Dana Desa, dan investasi Pemerintah pada pos pembiayaan.

Rincian Alokasi Dana Abadi Pendidikan 2020

Dana pendidikan yang disalurkan melalui pemerintah pusat senilai Rp 169,9 triliun, meliputi :

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 35,7 triliun.
  • Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi senilai Rp 41,5 triliun.
  • Kementerian Agama sebesar Rp 55 triliun.
  • Cadangan kartu prakerja Rp 10 triliun

Dana pendidikan yang disalurkan ke daerah senilai Rp 306,9 triliun, meliputi:

  • Dana Bagi Hasil (DBH)/Dana Alokasi Khusus (DAU) senilai Rp 166,6 triliun,
  • Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik senilai Rp 18,8 triliun
  • DAK non fisik senilai Rp 117,5 triliun
  • Pembiayaan atau dana abadi senilai Rp 29 triliun.

Tentang Dana Abadi Pendidikan

Aturan tentang Dana Abadi Pendidikan telah dituangkan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Dana Abadi Pendidikan. Mengenai pengertian dan tujuan Dana Abadi Pendidikan dijelaskan pada pasal 1 dan pasal 2, yang berbunyi:

Pasal 1 poin 1

Dana Abadi Pendidikan adalah dana yang bersifat abadi untiuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya yang tidak dapat digunakan untuk belanja.

Pasal 2

Tujuan Dana Abadi Pendidikan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban antargenerasi.

Lembaga Penyelenggara

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga pengelola Dana Abadi Pendidikan. Lembaga ini dibentuk untuk menjamin terselenggaranya program pendidikan bagi generasi mendatang. Mengenai peraturan LPDP sudah tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Dana Abadi Pendidikan Pasal 1 poin 4 yang berbunyi:

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, yang selanjutnya disingkat LPDP adalah satuan kerja noneselon pada kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang keuangan yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum dan mengelola Dana Abadi Pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dana Abadi Pendidikan Naik Secara Linier 3 Tahun Terakhir

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir anggaran Dana Abadi Pendidikan telah naik sebesar 83,4 triliun. Dan dari tahun 2017 hingga 2019 dana pendidikan naik secara linier.

Grafik anggaran pendidikan 5 tahun terakhir (sumber:Kemenkeu)

Anggaran ditahun 2020 meningkat 29,6 persen dibandingkan realisasi anggaran pendidikan pada 2015 sekitar Rp390,3 triliun atau naik sebesar 13,3 triliun atau sabanyak 2,7 % dari tahun 2019.

(Red dan editor : KH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *