Wacana Indonesia Maju Perlu Menjadi Gerakan

Konsepsi Indonesia maju dengan beragam kriteria dan alat ukur, sudah saatnya digerakkan bersama, baik menggunakan ukuran Pertumbuhan Ekonomi, Ukuran SDGs, atau Indeks-Indeks lainnya persektoral tetap dibutuhkan suatu gerakan bersama. Masyarakat sebagai bagian dari target capaian sekaligus pelaku hendaknya memahami benar apa yang menjadi agenda Indonesia Maju.

Saat ini, agenda Indonesia Maju masih menjadi wacana kementerian atau Lembaga negara terkait. Belum menjadi wacana, agenda, dan gerakan publik, sehingga konsistensi menuju Indonesia Maju dipahami seluruh elemen bangsa.

Tahapan demi tahapan harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Target Indonesia Maju menurut Indikator Ketenagakerjaan, Buruh. Target Indonesia maju berdasarkan pertumbuhan dunia industri, UMKM, dan investasi. Juga target Indonesia maju dari Bidang kesehatan, pertahanan, keamanan, dan pendidikan.

Semua perlu menjadi gerakan bersama. Indikasi-indikasi dan capaian yang hendak disasar, kemudian dirumuskan secara sungguh-sungguh, selanjutnya dieksekusi dengan Lembaga terkait melibatkan penuh unsur masyarakat sebanyak-banyak. Sehingga, harapannya tiap warga negara memiliki kesadaran dan kesamaan pemahaman tentang Indonesia maju dana pa yang harus diperankan oleh masing-masing warga negara.

Capaian-demi capaian selanjutnya dinarasikan sedemikian rupa, agar setiap anak bangsa merasa terlibat pada peran mewujudkan Indonesia maju. Indonesia yang produktif, berdayasaing, dengan kemampuan SDM yang tinggi, ditunjang dengan pendapatan yang baik. Selanjutnya, tiap warga bangsa mewujudkan karya nyata yang bermanfaat untuk sesame. Agenda Indonesia maju adalah agenda bersama yang harus segera digerakkan.

Penulis: Ahmad Munir, Pemerhati Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *