Penguatan Gerakan Indonesia Maju

Gerakan Indonesia maju adalah gerakan yang mempercepat agenda Indonesia maju dengan melibatkan peran serta masyarakat luas. Tentu kita menyadari berat bagi kita untuk menuntaskan tiap agenda pembangunan kalau semua diserahkan pada pemerintah. Masyarakat juga perlu memberikan andil dan sumbangsih nyata. Dengan melibatkan masyarakat, didukung stimulus dari berbagai pihak, memungkinkan tiap agenda mudah dijalankan. Sehingga asumsinya, target dapat tercapai.

Gerakan Indonesia Maju dalam konsep yang lebih praktis, adalah terjemahan agenda-agenda nasional, yang menyangkut target kemajuan Indonesia di berbagai bidang. Perbedaanya, kalau tradisinya target dan capaian itu dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga, kali ini sebagai sebuah gerakan, target dan capaian pemerintah perlu diintegrasikan secara utuh dalam suatu gerakan bersama masyarakat. 

Pertama, rumusan Indonesia Maju yang abstrak, harus mulai didetailkan dalam ukuran yang lebih praktis. Ini semata untuk memudahkan target dan capaian dapat dicapai dengan konkret. Kedua, rumusan Indonesia Maju mulai diterjemahkan oleh kementerian dan Lembaga, lalu melibatkan masyarakat secara utuh. Peran serta masyarakat menjadi sangat penting dengan kesadaran menjalankan agenda gerakan ini secara serius. Ketiga, harus diambil langkah segera, agar agenda Indonesia Maju tidak berhenti pada wacana.

Target capaian infrastruktur dasar jalan misalnya, agenda kita menjadi negara maju tentu kita ingin akses jalan kita sampai ke desa-desa dibangun dengan rapi, misalnya “Zero Lobang” pada jalan. Gerakan “Zero Lobang” bisa menginspirasi tiap individu memahami, bahwa jalan tidak berlobang adalah bagian penting dari agenda menjadi negara yang maju. Maka setiap elemen tergerak untuk memastikan jalan skala desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi misalnya tidak boleh berlubang. Ini sebagai contoh ketika menjadi gerakan, maka agenda bersama akan diselesaikan secara bersama sama. Contoh ini menjadi penting, betapa optimisnya kalau tiap agenda digerakkan bersama, tentu jauh lebih efektif.

<div id="70fc5f043205720a49d973d280eb83e7"></div>
<script async="" src="https://click.advertnative.com/loading/?handle=3936"></script>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *