Gerakan Indonesia Kerja Untuk Indonesia Maju

IDNSURE


GERAKAN INDONESIA KERJA

Gerakan Indonesia Kerja adalah upaya sungguh-sungguh dari elemen masyarakat, untuk menciptakan budaya kerja, yang berorientasi pada kemajuan masyarakat, dengan mengedepankan konsep kerja yang progresif.  

Gerakan Indonesia Kerja dilatari pada bahasan bahwa pertumbuhan ekonomi, yang menjadi orientasi tiap negara, cenderung mengandalkan iklim investasi, penciptaan lapangan kerja, dan kenaikan upah serta pendatapan. Hal ini tercipta sebagai hasil dari aktivitas ekonomi yang berorientasi pada ekspor dan pemenuhan konsumsi dalam negeri.

Fundamental masalah yang muncul di ruang publik adalah penurunan iklim investasi, yang diakibatkan ketidakpastian iklim investasi, juga skema investasi yang tidak mudah, menjadi penyebab iklim investasi lambat. Di tambah dengan kesiapan sumber daya lokal untuk memenuhi kebutuhan industri, yang tidak siap. 

Agenda Gerakan Indonesia Kerja:

  1. Investasi asing untuk bidang industri diperkuat, juga investasi masyarakat perkotaan ke wilayah pinggiran atau perdesaan juga dapat dijadikan skema untuk menguatkan iklim investasi.
  2. Penciptaan lapangan kerja di perdesaan difokuskan pada sektor UMKM dan industri lain terutama yang berbasis agroindustry untuk penguatan produksi komoditas pertanian dan perkebunan.
  3. Penguatan tenaga kerja desa untuk tetap di desa, dengan skema training dan pelatihan untuk penciptaan tenaga terampil. Sehingga mutlak diciptakan training center dan balai latihan kerja yang berorientasi pada peningkatan produk jadi di perdesaan.
  4. Penciptaan sistem informasi untuk memudahkan Informasi Kerja, Penyedia Lapangan Kerja, Deskripsi Jenis Pekerjaan, serta Besaran Honor perlu dibuka lebar-lebar.

Jika empat Gerakan Indonesia Kerja tercipta maka kemajuan Indonesia akan segera bangkit. Kemajuan desa akan standar dengan kemajuan kota, juga penciptaan lapangan kerja di desa yang sudah berstandar, dan seimbang dengan upah di perkotaa. Gerakan Indonesia Kerja adalah terobosan untuk meningkatkan upah tenaga kerja untuk Indonesia Maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *