Wacana “Indonesia Bebas Pengangguran” Untuk Indonesia Maju

Masalah penagguran disadari bersama masih menjadi masalah serius. Angkatan kerja Indonesia, yang berada pada kelompok umur produktif masih banyak yang bekerja pada sektor informal dan kerja paruh waktu. Tantanganya tentu, bagaimana pemerintah secara serius membuat gerakan Indonesia Bebas Pengangguran baik jangka pendek atau jangka panjang.

Apa yang perlu dilakukan? Pemerintah perlu berinisitif mengkampanyekan Indonesia Bebas Pengangguran. Gerakan Ini untuk mendorong, angkatan kerja yang belum kerja atau kerja paruh waktu diberi ruang oleh negara untuk terlibat dalam pekerjaan negara.

Misalnya, untuk mengatasi pengangguran dalam skala Rukun Tangga dan Rukun Warga, pemerintah desa, kelurahan, nagari dan sejenisnya, perlu menginventarisir data warga yang tidak kerja, belum kerja, atau kerja paruh waktu terlibat dalam program-program yang disiapkan pemerintah desa. Sumber pendanannya dapat berasal dari dana desa, swakelola, atau dana relawan yang terkumpul lewat donasi Lembaga. Pada intinya, tiap warga layak diberikan pekerjaan, dengan standar gaji yang sesuai, dengan keberadaan dan kondisi keuangan pemerintah desa.  

Misalnya: untuk mengatasi masalah infrastruktur desa, program desa yang prioritas adalah pemeliharaan jalan desa. Atau pemeliharaan saluran irigasi, pembuatan penampungan sampah sementara, atau proyek padat karya lain. Intinya tenaga kerja terserap secara penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *