Konsen Indonesia pada Isu Dampak Perubahan Iklim Meningkat

Jakarta, harianwonosobo.com (4/12/2019) – Agenda dunia pada masalah dampak perubahan iklim, mulai menjadi konsen dunia. Saat ini sedang dilangsungkan COP di Chile-Madrid, Spanyol yang tidak lain dalam rangka meneguhkan komitmen, sekaligus rangkaian aksi untuk mengatasi dampak perubahan iklim. 

Delegasi Indonesia yang hadir diantaranya; Mahawan Karuniasa, Muhaimin Iskandar, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Muhaimin Iskandar membuka secara resmi, pavilion Indonesia untuk COP25 di Madrid, Spanyol. Muhaimin dalam sambutanya menyebutkan isu dampak perubahan iklim akan menjadi konsen nasional ke depan. Muhaimin menyatakan bahwa isu perubahan iklim, benar-benar akan berdampak pada kehidupan petani Indonesia pada masa yang akan datang. Sehingga secepatnya harus diantisipasi, dan membutuhkan komitmen semua pihak. 

Ahmad Munir, Kedoe Institute yang hadir pada Diskusi Publik Implementasi Paris Agreement di Jakarta, 4 Desember 2019 dengan GreenPartyPKB Mendorong RUU Perubahan Iklim. Ahmad Munir menilai bahwa dampak perubahan iklim akan sangat dirasa oleh negara Indonesia, utamanya dampaknya bagi dunia pertanian dan kesehatan. Hal yang penting diantisipasi dan dimitigasi adalah adanya gejala anomaly suhu dan pergeseran pola hujan. Ini yang secara langsung dirasakan petani di Indonesia, khususnya yang berpola tanam padi. Jika petani gagal panen, itu dapat berdamapak pada stabilitas politik nasional. Karena ketahanan pangan menjadi factor yang sangat menentukan, bagi kelangsungan stabilitas nasional. “Selama pangan terjaga, insyaallah aman negara.” Tutur Munir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *