Empat Lokasi Yang Konon Adalah Titik Tengah Pulau Jawa

Sebuah pulau konon mempunyai suatu titik tengah. Dalam istilah Jawa titik tengah dikenal dengan sebutan puser atau pusat. Artikel ini akan membahas tentang lokasi-lokasi yang konon menjadi titik pusat pulau Jawa.

Pulau Jawa adalah salah satu pulau yang membentang di negara kita Indonesia, berada di urutan ke-13 pulau terbesar di dunia dan urutan ke 5 pulau terbesar di Indonesia. Namun, meskipun berada di urutan ke 5, pulau Jawa merupakan pulau dengan kepadatan penduduk tertinggi diantara lima pulau besar di Indonesia.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa terkait dengan titik tengah pulau Jawa, setidaknya ada beberapa lokasi yang konon merupakan titik pusat pulau Jawa;

1. Gunung Tidar (Magelang)

Bentuk sebenarnya tidaklah seperti gunung besar, malah lebih masuk kategori bukit. Namun banyak orang yang menyebutkan sebagai Gunung Tidar. Terletak di kota Magelang Jawa Tengah, berada pada ketinggian 503 mdpl.

Gunung Tidar Magelang (Sumber : yogjo.com)

Bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan DIY, Gunung Tidar terkenal dengan cerita mistisnya yakni, pertemuan antara Syiekh Subakir dan Sabda Palon atau Ki Semar.
Hingga sampai sekarang pemakaman Syeikh Subakir, seorang ulama dari Turki tersebut masih dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah.
Hal lain yang cukup menarik di Gunung Tidar adalah terdapat banyak monyet yang masih bertahan hidup disana.

2. Tugu Mylpaal (Pekalongan)

Tugu Mylpaal atau yang sering disebut warga Pekalongan dengan Tugu Titik nol Km adalah sebuah patok (tugu kecil) yang dibangun pada tahun 1808 oleh Gubernur Jenderal Willem Daendels. Saat itu, dimana sedang berlangsung megaproyek pembangunan jalan raya trans Jawa Anyer-Panarukan sepanjang 1.100 Km.
Tugu Mylpaal dibangun oleh belanda karena lokasi tersebut merupakan titik tengah jalan raya trans Jawa Anyer-Panarukan.

Tugu Mylpaal (Pekalongan)


Tugu Mylpaal ternyata berasal dari bahasa Belanda yakni gabungan dari dua suku kata “ Myl” dan “Paal”. Myl dalam bahasa Belanda artinya adaalah satuan hitung, sedangkan Paal artinya adalah tanda jarak atau titik.

3. Tugu Sepuser (Temanggung)

Berlokasi di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung terdapat bangun tugu kecil yang dikenal dengan sebutan Tugu Sepuser. Sepuser berasal dari bahasa jawa yaitu puser yang artinya pusar. Tugu ini diyakini adalah titik tengah sebagai pembatas antara Jawa utara dan Jawa selatan.
Menurut cerita dari masyarakat sekitar, tugu ini sudah ada sejak jaman dahulu bahkan sebelum datangnya orang-orang Belanda ke Indonesia. Ada cerita yang menduga bahwa tugu tersebut dibangun pada zaman kerajaan Majapahit.

Tugu Sepuser (Temanggung)


Lokasi persis Tugu Sepuser berada dia area hutan lindung, tepatnya di Petak 54B, Resor Pemangku Hutan (RPH) Jumo, BKPH Candiroto, KPH Kedu Utara, Desa Soropadan, Pringsurat, Temanggung.
Kini kondisi Tugu Sepuser telah mengalami perombakan dan perbaikan dari pemerintah daerah setempat dan termasuk benda dan lokasi bersejarah yang dilindungi.

4. Desa Wonokromo (Wonosobo)

Penentuan titik tengah pulau Jawa berdasarkan lokasi garis lintang dan garis bujur bumi, berada di titik koordinat 7°19’S, 109°54’E. Titik tersebut ternyata berada di area persawahan yang termasuk dalam wilayah administrasi desa Wonokromo.


Lokasi Koordinat Titik Tengah (Google Earth)

Desa Wonokromo merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Mojotengah, Wonosobo. Titik berdasarkan google maps tersebut berada pada jarak 21 km dari kawasan tinggi Dieng.
Itulah beberapa titik yang konon merupakan titik tengah pulau Jawa. Saya sendiri menyimpulkan bahwa masing-masing tempat merupakan bukti kekayaan sejarah negara kita dan tugas kita adalah merawatnya. (red: KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap