Galaksi Mahira UNY dan Rajna Production Mengangkat Cerita Anak Gimbal Dieng

“DRASTHA” .

“Drastha, Rawe Rantas Malang Putung Janji Ingsun Tan Mblenjani”

“Kocap kacarita ing laladan kang dumunung ing pucuking aldaka, pinayungan akasa, kathah kang samya anggana raras, ya tan kadi ing nagri ndhuwur mega kang tlatah Dihyang winastan Dieng. Jabang bayi kang bakal nyandhang rikma gimbal tumama ing mala kang rinasa lara. Sawise thukul rikma kang nggembel, si jabang bayi nduweni panyuwunan kang kudu ditetepi yen ta rikmane arsa pinangkas. Papan kang ayem tentrem, gemah ripah, loh jinawi, sasat morat-marit, kocar-kacir awit ana yaksa kang polah agawe congkrah lan bubrah. Kyai Kaladhete mengsah jurit kalawan yaksa kang nggegirisi. Paprangan hamecah sepine kang swasana”.

Galaksi Mahira Universitas Negeri Yogyakarta dan Rajna Production kembali mengadakan pagelaran tari Uji Koreografi ke-3 dengan tema “Merajut Asa dalam Karya” yang akan diselenggarakan  pada tanggal 16-19 Januari 2020 di UNY. Menampilkan 45 Garapan Karya Tari oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni UNY angkatan 2016

Sekilas Tentang Galaksi Mahira

Galaksi Mahira merupakan singkatan dari “Gelar Karya Mahasiswa Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta”. Kata Galaksi bermakna kumpulan bintang, dan Mahira yang berarti mendapat berkat yang menjadikannya berbakat.

Folosofi Sebuah kekuatan esa yang ada di alam semesta tidak hanya berdiri sendiri. Udara, air, bumi dan api merupakan satu kesatuan kekuatan yang menjadikan sebuah galaksi menjadi kuat dan kokoh. Tanpa adanya satu elemen dalam sebuah galaksi tidak akan menjadi galaksi yang utuh.

  • Udara melambangkan pemikiran yang imajinatif.
  • Air melambangkan sifat dan sikap yang mengalir.
  • Bumi melambangkan hati yang merendah.
  • Api melambangkan kekuatan yang kokoh.

“DRASTHA”

Anak Gimbal adalah Raja Ketika Akan di Ruwat

Drastha berasal dari bahasa sansekerta yang berarti mahkota. Mahkota adalah simbol yang dimiliki oleh raja, dimana keinginan raja menjadi harus dituruti. Adapun kaitannya dengan makna mahkota lebih luas adalah setiap manusia memiliki mahkota yaitu rambut.

Rambut gimbal pada anak-anak di Dieng menjadi semakin unik mendekati makna mahkota raja dimana anak tersebut menjadi raja saat akan dilaksanakan upacara ruwatan. Mereka berkeinginan sesuatu dan keinginan mereka adalah syarat penting dalam proses upacara ruwatan anak gimbal. Karya pagelaran tari ini terinspirasi dari kisah anak berambut Gimbal di Dieng yang merupakan titisan Kyai Kolodete. Gerak yang digunakan dalam tarian ini merupakan kolabirasi kreasi, tradisi dengan orientasi ragam khas gerak tari surakarta dan yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap