MAN 2 Wonosobo Dominasi POPDA Kabupaten 2020

Harianwonosobo.com – Wonosobo . Kontingen Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Wonosobo mendominasi perolehan medali pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Wonosobo Tingkat SMA/MA/SMK tahun 2020 yang dilaksanakan 24 Januari – 3 Februari 2020.

Hingga hari terakhir perhelatan POPDA, MAN 2 berhasil meraih total 38 medali, dengan rincian 21 medali emas, 12 perak dan 5 perunggu. Kepastian tersebut didapat setelah pada hari terakhir MAN 2 mampu menambah 7 emas yang disumbangkan dari cabang renang putra dan putri.

Dari total 63 atlit yang dikirimkan pada POPDA Kabupaten tahun ini, total ada 13 cabang olahraga yang mampu menyumbang medali. Pencak silat memperoleh 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu, atletik 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu, sepak bola 1 emas, taekwondo 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu, bulu tangkis 1 perak, tenis meja 1 perak, bola voli indor 1 perak, sepak takraw 2 emas, bola voli pasir 1 emas dan 1 perak, karate 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu, terakhir renang 7 emas.

Kontingen dari MAN 2 Wonosobo (foto : Taat R)

Prestasi ini tidak lepas dari kesuksesan program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di MAN 2 Wonosobo mulai tahun pelajaran 2019/2020. Kelas ini menjadi kelas yang menyumbang atlit terbanyak pada gelaran POPDA tahun ini. Dari 28 siswa di kelas KKO, semuanya terlibat dalam kontingen POPDA MAN 2 Wonosobo. Selebihnya atlit berasal dari berbagai kelas dan jurusan yang tersebar pada 3 jurusan IPA, IPS dan Agama pada jenjang kelas X serta kelas XI.

Adanya KKO membuat kontingen yang berasal MAN 2 Wonosobo mampu tampil dengan kesiapan yang matang selama pertandingan. Bahkan ada beberapa cabor yang sangat mendominasi, seperti renang, pencak silat, sepak takraw serta atletik. “Siswa pada kelas KKO punya kelebihan dan pengalaman jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Karena setiap hari pagi dan sore itu mereka selalu latihan, apalagi sering ikut berbagai kejuaraan,” ujar Koordinator Pembina Prestasi MAN 2 Wonosobo Unggul Widya Iswara.

Keberhasilan MAN 2 Wonosobo dalam ajang POPDA Kabupaten 2020 ini menjadi ajang yang berjenjang dan diharapkan semua atlit tidak berpuas diri. “Popda kapupaten ini akan dijadikan sebagai seleksi awal untuk mengikuti Popda karisedenan dan provinsi tahun 2020 mendatang. Para peraih medali emas akan mewakili Kabupaten Wonosobo untuk mengikuti POPDA provinsi, serta khusus pencak silat, taekwondo dan sepak takraw akan lebih dulu seleksi di tingkat eks Karesidenan Kedu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap