Mengulas PJU Panel Surya di Desa Mlandi Garung Wonosobo

HARIANWONOSOBO.COM-Wonosobo. Wonosobo berpotensi besar untuk mengembangkan energi listrik alternatif panel surya. Penelurusan dan investigasi tim harian wonosobo telah mengamati beberapa titik lampu penerangan jalan umum (PJU) disepanjang jalan yang menuju desa Mlandi, kecamatan Garung, Wonosobo.

Panel surya merupakan sebuah suatu alat yang dapat menghasilkan listrik dari cahaya matahari. Di dalam panel surya terdapat sel surya atau sel PV yang menghasilkan efek photovoltaic. Efek tersebutlah yang nantinya menghasilkan arus listrik setelah sel PV mendapatkan cukup energi dari sinar matahari berupa paket -paket photon.

Lokasi Titik Sampel Pengamatan

Tim harian wonosobo secara periodik memantau beberapa titik Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di desa Mlandi. Tepatnya di sepanjang yang menuju desa tersebut, setidaknya ada empat titik sampel. Setiap tiang PJU setidaknya terdapat lembaran panel surya, 1 set stabillizer beserta bateri, sensor cahaya, lampu LED putih.

Sekedar informasi tambahan berikut adalah cara kerja PJU Panel Surya:

  1. Sinar matahari mengenai panel surya sehingga sel PV akan mengalamai efek photovoltaic. Dari efek tersebut akan menghasilkan pergerakan elektron pada material semikondukotr sehingga menghasilkan arus DC.
  2. Arus DC akan mengalir menuju sistem penyimpanan berupa baterai kering (sistem outdoor biasanya menggunakan baterai kering).
  3. Menjelang petang hari, sensor cahaya merespon untuk mengalirkan arus listrik dari sistem penyimpanan menuju lampu LED.
  4. Lampu LED menyala.

Sistem PJU panel surya tidak memerlukan inverter DC to AC karena lampu LED hanya memerlukan listrik DC. Jika akan digunakan pada peralatan listrik dengan konsumsi listrik AC maka diperlukan inverter DC to AC.

Salah Satu PJU Panel Surya di Desa Mlandi

Monitoring ini berupa pengamatan daya tahan dan kinerja PJU panel surya selama kurang lebih 6 bulan. Hasil pengamatan didapat antara lain:

  1. Daya tahan PJU panel surya tersebut stabil.
  2. Penambahan sensor cahaya sangat efektif dimana lampu PJU akan menyala saat sore menjelang petang dan padam secara otomatis pada saat menjelang pagi.
  3. Intensitas cahaya pada malam hari cukup terang dan sangat membantu, mengingat di daerah pegunungan cuaca berkabut sangat mengganggu pengendara.
  4. Lampu LED tetap menyala pada malam hari meskipun cuaca pada siang hari mendung (bahkan pernah mendung selama empat hari berturut-turut) atau intensitas pencahayaan sinar matahari sedikit .

Salah Satu PJU Panel Surya di Desa Mlandi

Sebenarnya penggunaan panel surya sudah banyak digunakan secara luas di berbagai tempat di Indonesia. Sistem panel surya cukup efektif untuk menghasilkan listrik secara mandiri dengan memanfaatkan energi sinar matahari. Perlu digaris bawahi bahwa yang diperlukan panel surya bukanlah panas dari sinar matahari namun intensitas cahaya matahari. Dua hal yang sangat berbeda secara konsep fisika (red : KH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap