Mengenal Tanaman Kecombrang dan Manfaatnya

Kecombrang merupakan jenis tanaman rempah yang banyak di manfaatkan pada bagian bunga, buah, serta bijinya. Nama lain dari tanaman kecombrang sangatlah banyak karena setiap daerah hampir mempunyai sebutan tersendiri. Misalkan orang Lampung menamai tanaman Kumbang Sekala, orang Banyuwangi menyebut sebagai tanaman Lucu sedangkan orang Bali disebut Kecicang dan sebagainya.

Tanaman Kecombrang

Tinggi tanaman bisa mencapai 5 meter, bunganya berwarna merah mirip tanaman pisang-pisangan. Bentuk pangkal yang sering disebut bongkot cenderung membesar dan batang tanaman ini semu. Dalam dua baris, daun tersusun antara 15 hingga 30 helai secara berseling. Bunga tanaman Kecombrang berbentuk seperti gasing terbalik dengan warna mahkota bunganya merah jambu.

Bunga Tanaman Kecombrang

Tidak banyak orang yang mengatahui tentang manfaat tanaman kecombrang. Padahal tanaman ini pada beberapa daerah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman sayur, obat dan bumbu masakan.
Untuk manfaatkan tanaman kecombrang sebagai tanaman sayur, anda bisa mengkonsumsi pada bagian kuncup bunga yang akan mekar. Bisa langsung dimakan seperti lapanan dengan sambal bawang seperti kemangi. Kemudian pada bagian batang sebelah dalam dan pucuk dapat di potong-potong kecil dijadikan sayur oseng.
Pada helai daun yang masih muda dapat dijadikan bumbu penyedap rasa untuk beberapa jenis masakan daging, terutama ikan air tawar. Karena tanaman ini bersifat asam masam maka akan cenderung menetralkan kandungan lemak pada masakan daging.

Sementara jika anda ingin memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman obat, tanaman ini cukup ampuh meredakan batuk berdahak. Banyak sekali cara yang bisa digunakan, antara lain merebus batang kecombrang yang telah dipotong-potong kemudian meminum airnya. Cara kedua adalah memanfaatkan pangkal (bongkot) dari tanaman ini dengan cara membakar hingga matang kemudian memakan pada bagian dalam bongkotnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap