Meriahnya Suasana Alun-Alun Magelang Dimalam Hari

Harianwonosobo.com- Wonosobo. Alun – alun Magelang tampak ramai, beberapa anak kecil dengan asik bermain prosotan. Beberapa orang tua duduk disekitar wanaha permainan sambil memantau anak-anaknya bermain. Selain itu pengunjung lainnya tampak menikmati aneka makan dan minuman di area kuliner Tuin Van Java.

Kali ini tim redaksi harianwonosobo berkesempatan untuk jalan –jalan di kota Magelang. Kami tiba di alun – alun Magelang sekitar pukul 21.10. Setelah memarkirkan “si bebek besi merah putih” di lokasi parkir sebelah utara alun-alun, kami segera memesan kopi hitam dan duduk di area kuliner yang telah disediakan.

Wahana Permainan Anak di Alun-alun Magelang (Foto : KH)

Hal unik yang hampir setiap malam ada di sana adalah tentang suasana alun-alun yang cukup ramai. Meskipun bukan malam-malam akhir minggu atau tanggal merah. Namun alun-alun tersebut tampak ramai dikunjungi, mulai anak-anak hingga orang tua. Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah adanya wanaha permainan anak-anak. Area lokasi permainan tersebut berada di sisi utara alun-alun sebelah barat atau sebelah utara patung Pangeran Diponegoro. Tampak anak-anak balita asik bermian prosotan dan melawati lorong-lorong kecil.

Di area kuliner, pengunjung dengan bebas memilih aneka jenis makanan dan minuman yang telah disediakan oleh pedangan yang berjejeran hingga kurang lebih 50 meter paralel. Diketahui nama area kuliner di alun-alun tersebut adalah kuliner “Tuin Van Java”. Nama yang cukup menarik untuk area kuliner di tengah kota. Harganya pun juga murah dan sama dengn harga makanan dibeberapa kota di Jawa Tengah.

Area Kuliner Tuin Van Java Magelang (Foto : KH)

Selain area kuliner Tuin Van Java, di sisi selatan alun-alun banyak terdapat pedagang angkringan berderet  sepanjang sisi alun-alun. Sehingga pengunjung dapat bebas memilih makanan, baik makanan yang di area kuliner atau area angkringan.

Kami sempat berdiskusi tentang hal –hal menarik tersebut bahwa lokasi dan fasilitas umum seperti alun-alun kota jika dimanfaatkan dengan baik akan menciptakan pusat keramaian yang berbasis ekonomi.

Adanya area kuliner, wahana permainan anak akan mantik orang untuk berkunjung ke alun-alun sekedar melepas penat setelah seharian bekerja. Atau sekedar berlibur dengan keluarga dan anak-anak tercinta.

Akhir diskusi kami adalah membandingkan dengan kondisi alun-alun dengan kota lain seperti Wonosobo yang tampak sepi. Mungkin dapat dibenarkan bahwa ada aturan di tiap-tiap daerah, namun alangkah lebih baik jika kebijakan yang dikeluarkan berbasis kepada upaya peningkatan ekonomi masyarakat. (red : KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap