Peta Desa

Pengertian

Peta Desa adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar, yang menggambarkan gejala dan fakta, baik fisik maupun sosial di permukaan bumi, khususnya pada batas administrasi desa. Selama ini peta desa yang tampil dalam bentuk yang baik dan berstandar geografi masih jarang ditemukan. Peta desa lebih banyak dibuat oleh mahasiswa atau konsultan lain, yang tidak secara khusus membuat peta desa. Sehingga, peta desa tampil dalam beragam format, dan cukup menyulitkan bagi kebanyakan orang dalam memahami kondisi fisik dan sosial desa. Juga karena peta desa bersifat dinamis, tidak ada ketentuan kapan peta desa diperbaharui, sehingga lebih statis lagi. Oleh karena itu, diperlukan banyak teknisi dan kartograf untuk membuat peta desa yang terstandar dan memiliki muatan informasi yang detail.

Manfaat

  1. Peta desa dapat dimanfaatkan oleh desa untuk perencanaan pembangunan desa, dan juga media bagi pemerintah desa, mengontrol dan mengembangkan desa ke depan.
  2. Peta desa juga memudahkan para stakeholder desa memahami kondisi dan situasi desa, sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan terkait banyak hal di desa.

Pembuat Peta (Kartograf)

  1. Akademisi (Mahasiswa dan Dosen)
  2. Peneliti
  3. Katograf
  4. Umum

Skema

Peta desa yang baik tentu memuat informasi yang detail tentang kondisi fisik dan sosial desa dengan lebih informatif. Peta desa dibuat untuk menunjang pembangunan di desa, juga menginformasikan tentang sumber daya desa yang potensial dikembangkan.

Anggaran

Untuk jasa pembuatan peta desa menggunakan konsultan/kartograf www.petadesa.com. Biaya konsultasi dan pendataan di desa dikenakan sesuai dengan perencaan penganggaran. Untuk pemesanan peta desa dapat dilakukan secara online.

Pemesanan Peta Desa 

Pemesanan peta desa dimaksudkan bagi siapa saja, utamanya pemerintah desa, yang menginginkan dibuatkan peta desa, maka konsultan/katograf akan dapat membuatkannya. Untuk pemesanan pada tim Petadesa.com dapat menghubungi 08111021926. 

DomaiNesia
Copy link
Powered by Social Snap