Vanili Pernah Berjaya di Wonosobo

Harianwonosobo.com- Wonosobo. Tanaman vanili pernah menjadi komoditas perkebunan andalan di Kabupaten Wonosobo. Pada tahun 1970 an Kabupaten Wonosobo terkenal dengan sentra penghasil vanili hingga level nasional. Jumlah tanaman vanili saat itu pernah menyentuh 678.598 tanaman. Sedangkan total luas lahan yang ditanami oleh tanaman vanili mencapai 226 Ha.

Tanaman vanili merupakan sejenis tanaman anggrek dengan nama latin (Vanilla Plani folia). Dari sebanyak 20.000 lebih varietas jenis tanaman anggrek, hanya tanaman vanili yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Seperti pada jenis anggrek pada umumnya, karakteristik tanaman vanili memerlukan tanaman penyangga atau tanaman inang untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Pada kondisi alam liar, tanaman ini tumbuh dan merambat pada pohon-pohon basah di hutan tropis.

Bunga Tanaman Vanili

Bunga vanili berwarna kuning kehijauan tumbuh secara bergugusan dan seperti mengandung lilin. Pada sistem pertanian modern, proses penyerbukan dilakukan dengan bantuan tangan manusia untuk mengoptimalkan pembuahan. Hasilnya dapat dipanen setelah buah berwarna hijau dengan perkiraan umur selama sembilan bulan.

Produksi tanaman vanili di Kabupaten Wonosobo semakin berkurang setelah serangan Fusarium Okysporum atau penyakit busuk batang. Sehingga populasi tanaman vanili mengalami penurunan dengan jumlah yang signifikan. Penurunan populasi tanaman vanili menyebabkan permasalahan lain bagi petani, yakni mereka kesulitan untuk mendapatkan bibit tanaman vanili yang sehat. Sedangakan untuk mendatangkan bibit yang sehat harus mengusahakan dari luar daerah yang tentunya biaya akomodasi lebih mahal.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan bekerja sama dengan beberapa lembaga Pendidikan Tinggi seperti Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta untuk mengatasi serang penyakit busuk batang. Setidaknya dari hasil penelitian secara intensif telah ditemukan formula pertisida yang berasal dari tanaman lain dan pupuk organik. Upaya lain terus dilakukan dengan cara membentuk Kebun Induk Vanili sehat dengan sistem inkubasi pertanian modern yang diharapkan akan memberikan hasil yang optimal untuk pengembangan tanaman vanili di Wonosobo. (red : KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DomaiNesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap